UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU NON PNS DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPAK YANG BERKELANJUTAN DI SMAN 3 SIDRAP

Abstract

Seorang guru yang kebingungan atau Copy-paste dalam membuat perangkat pembelajaran akan berdampak pada kegagalan proses pembelajaran dan menghambat pula peningkatan mutu sekolah itu sendiri, sehingga upaya untuk meningkatkan kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah.  Dengan hasil penelitian Pada pra siklus ini di hasilkan skor rata-rata 7,62, artinya Kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran kurang baik, maka perlu di lanjutkan siklus I. Pada siklus I , dari hasil observasi adalah 15,62 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran cukup baik.  Pada siklus II ini, dari hasil observasi adalah 20 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti Kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran sudah sangat baik.  Pada siklus I dan II ini, guru sudah mampu  menyusun silabus, Guru membuat RPP, guru membuat Prota, guru membuat Promes, guru melampirkan kalender pendidikan, guru membuat buku jurnal dan guru membuat instrument penilaian.