KEEFEKTIFAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS X UPT SMKN 1 SINJAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Aplikasi Macromedia Flash Terhadap Pembelajaran PAI Pada Kelas X UPT SMKN 1 Sinjai. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 62 orang, dan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 31 orang dikelas TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan 31 orang dikelas TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes, observasi, dan dokumen. Dari kedua hasil analis dikelas eksperimen dan kelas control dapat di ditarik kesimpulan bahwa keefektifan pembelajaran PAI lebih meningkat menggunakan macromedia flash dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keefektifan pembelajaran PAI di kelas eksperimen sebesar 41,93, sedangkan di kelas control keefektifan pembelajaran PAI sebesar 26,7. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketauhi bahwa pembelajaran PAI efektif ketika menggunakan aplikasi macromedia flash di kelas X UPT SMKN 1 Sinjai.