NILAI-NILAI PENDIDIKAN DENGAN ADANYA TERM ASBABU AL-NUZUL DALAM KAIDAH TAFSIR AL-QUR’AN

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan yang ada dalam term asbabu al-nuzul. Kajian mendalam terhadap asbabu al-nuzul jarang dilakukan dalam suatu proses pembelajaran terlebih akan sampai menganalisis sampai kepada nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam term tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research (penelitian kepustakaan). Hasil dari penelitian ini adalah jumhur ulama telah sepakat dalam memahami Al-Qur’an harus dengan memperhatikan konteks asbabu al-nuzul. Metode maupun redaksi dari asbabu al-nuzul suatu ayat tidak bisa diperoleh dengan mengandalkan akal ataupun penalaran tetapi harus melalui riwayat yang shahih yang berasal dari Rasulullah atau dari para sahabat dan riwayat dari para tabi’in dari kalangan ahli tafsir, riwayat yang dapat dipertanggungjawabkan dan memiliki validitas yang kuat. Nilai-nilai pendidikan yang dapat dipetik yaitu Transformasi pengetahuan yang sampai kepada murid memerlukan profesionalisme guru dan kesiapan guru dan murid. pendahuluan dalam pelajaran termasuk fase-fase yang sangat penting, yakni fase yang memerlukan pengetahuan dan penggambaran