Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Akhlak Mulia Pada Masa Pandemi Covid 19

Abstract

Di masa pandemi covid 19 saat ini mengakibatkan banyaknya lembaga pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran secara daring tak terkecuali lembaga pendidikan nonformal.  ini berdampak pada kesulitan guru mengajarkan pendidikan akhlak mulia siswa di MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Al-Ikhlas secara maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk dapat mendeskripsikan strategi guru dalam melakukan penguatan pendidikan akhlak mulia di masa pandemi covid-19 sesuai dengan kebijakan saat ini. pendekatan yang penulis gunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Hasil penelitian ini menunjukan adanya usaha yang telah guru lakukan dalam upaya penguatan pendidikan akhlak mulia sesuai dengan kebijakan di masa pandemi berjalan dengan baik. Beberapa strategi yang guru lakukan seperti menjalin komunikasi kepada orangtua siswa terkait akhlak siswa, melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan materi ajar yang telah disiapkan, senantiasa mengingatkan siswa untuk menantiasa melaksanakan shalat berjamaah dan menganjurkan siswa juga mengikuti kegiatan TPQ (Taman Pendidikan al-Qur’an).