Upaya Guru Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan oleh beberapa siswa kelas II yang masih memiliki kesulitan dalam membaca. Salah satu fasilitas yang mendukung kegiatan membaca adalah pojok baca. TujuanĀ  penelitian untuk mengetahui upaya guru mengelola dan memanfaatkan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca siswa dan mengetahui minat baca siswa setelah memanfaatkan pojok baca. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data peneltiian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas II SD Negeri 021 Sungai Kunjang Samarinda, siswa kelas II SD Negeri 021 Sungai Kunjang, dan kepala sekolah SD Negeri 021 dan objek dari penelitian ini adalah pojok baca kelas II. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Upaya guru dalam mengelola pojok baca dengan menjalankan asas manajemen meliputi perencanaan pojok baca, pengorganisasian pojok baca, pelaksanaan pojok baca. (2) Upaya guru dalam memanfaatkan pojok baca untuk menumbuhkan minat baca siswa kelas II dengan beberapa cara yaitu guru membaca nyaring, siswa membaca berkelompok, mendiskusikan bacaan, siswa membaca nyaring, memberikan hadiah, dan menyediakan waktu membaca. (3) Dampak pojok baca pada minat baca siswa kelas II SD Negeri 021 Sungai Kunjang ialah memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat baca siswa.