PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH

Abstract

AbstrakDaya ingat setiap anak tentu memiliki perbedaan dikarenakan beberapa faktor. Hal tersebut menyebabkan seorang tenaga pendidik harus lebih diperhatikan lagi dalam memahami kondisi kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap peningkatan daya ingat anak sehingga dapat ditemukan bahwa pemilihan model pembelajaran juga berpengaruh dalam upaya peningkatan daya ingat anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan mengumpulkan data lewat observasi atau pengamatan langsung terhadap suatu objek dan studi literatur. Hasil yang didapatkan adalah pemilihan model pembelajaran pada anak berpengaruh dalam mengasah daya ingat anak terhadap suatu pembelajaran. Dan daya ingat anak bisa berbeda-beda dikarenakan beberapa faktor seperti lingkungan, latar belakang keluarga, atau bahkan dari individu itu sendiri.Kata Kunci  : Daya ingat, Model pembelajaran, Visualization, Auditory, Kinestetik.    AbstractThe memory of each child certainly has differences due to several factors. This causes an educator to pay more attention to understanding the cognitive condition of children. This study aims to determine the impact of the application of the Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) learning model on improving children's memory so that it can be found that the selection of learning models also has an effect on efforts to improve children's memory. The method used in this research is qualitative by collecting data through observation or direct observation of an object and literature study. The results obtained are the selection of learning models in children has an effect on sharpening children's memory of a lesson. And children's memory can vary due to several factors such as the environment, family background, or even from the individual himself.Keywords: Memory, learning model, Visualization, Auditory, Kinesthetic.