PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENGINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA

Abstract

Kenakalan remaja diakibatkan oleh kegagalan pendidikan karakter yang di peroleh oleh anak di lingkungan tempat tumbuh kembangnya anak. Oleh karena itu, tidak hanya memperbaiki sistem pendidikan saja namun juga memperbaiki pendidikan karakter. Kegagalan pendidikan karakter mengakibatkan kenakalan remaja, penyalah gunaan narkoba bahkan di masa mendatang menyebabkan korupsi, manipulasi dan penyalahgunaan kekuasaan serta wewenang. Sebenarnya kita telah terlambat dalam menerapkan pendidikan karakter ini. Tetapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Masih banyak generasi muda kita yang duduk di bangku sekolah dan butuh pendidikan karakter agar di masa depannya dia menjadi orang yang tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga cerdas secara karakter. Dunia pendidikan baik formal maupun non formal diharapkan menjadi motor penggerak untuk mengedukasi bangsa kita sehingga manusia Indonesia lebih berkarakter, beradab dan bermartabat serta mulia. Kemudian pendidikan karakter seharusnya membawa peserta didik ke pengenalan nilai secara kognitif, penghayatan nilai secara afektif, dan akhirnya ke pengamalan nilai secara nyata dalam lingkungan masyarakat. Sehingga bisa menghasilkan tiga aspek penting dalam pendidikan karakter tersebut yaitu etika , estetika dan kinestika. Yang pada akhirnya tujuan dari pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam di Indonesia itu adalah: Pertama, supaya seseorang terbiasa melakukan perbuatan baik. Kedua, supaya interaksi manusia dengan Allah SWT dan sesama makhluk lainnya senantiasa terpelihara dengan baik dan harmonis (humanis).