PLUS MINUS CYBER DAKWAH PADA ERA MILENIAL
Abstract
Dakwah adalah seruan Allah kepada manusia untuk menuju jalan yang lurus (Islam) yaitu keinsafan atau usaha mengubah situasi menjadi lebih baik dan sempurna, baik terhadap pribadi maupun masyarakat sebagai syarat untuk masuk ke surga-Nya. Dakwah harus dilaksanakan dengan rendah hati, bijaksana, dan penuh sopan santun. Dakwah menjadi bagian dari proses komunikasi tapi tidak semua komunikasi perarti proses dakwah. Penelitian ini menganalisis pemanfaatan media online plus minus dalam aktivitas dakwah.melihat kelebihan media internet dari jumlah pengguna yang semakin meningkat.Untuk itu cyber dakwah menjadi suatu hal yang sangat mungkin diunakan saat ini.Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan etnografi virtual dengan mengobservasi pada akun media resmi para da’i populer di Indonesia yaitu Adi Hidayat, Hanan Attaki dan Abdul Somad. Hasil pengamatan peneliti saat ini para da’i kondang masih berpijak pada syiar islam dan belum terebawa arus komodifikasi konten. Da’I memanfaatkan teknologi untuk menjangkau jama’ah yang lebih luas dan beradaptasi dengan media yang relevan pada era milenial