PENGARUH KOMUNIKASI DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI STIDKI BOGOR

Abstract

Komunikasi dilakukan untuk melaksanakan rencana pembangunan suatu negara. Sebagai proses perubahan dan pembaharuan masyarakat, pembangunan membutuhkan kontribusi komunikasi baik sebagai bagian dari kegiatan masyarakat maupun sebagai ilmu yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Semakin besar nilai komunikasi dan karakteristik peserta didik maka akan diikuti oleh semakin berkualitas hasil belajar. Secara khusus tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh komunikasi dan karakteristik peserta didik terhadap kualitas pembelajaran Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Bogor. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan mix method menggabungkan pendekatan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Hasil persentase berdasarkan kategori indikator komunikasi dan karakteristik peserta didik di STIDKI Bogor menunjukkan dari indikator pendidikan total persentase,83,5% untuk kategori lulusan SMU, menunjukkan karakteristik peserta didik lulusan SMU lebih berkualitas dalam pembelajaran. Dari indikator Pekerjaan menunjukan kategori pegawai dengan total persentase, 53,6% dan pada kategori belum bekerja, 46,4% yang artinya sebagian besar peserta juga berkualitas dalam pembelajaran. Pada indikator status jalur pembayaran terutama pada beasiswa dengan total persentase 70,1%, pada indikator keterdedahan media menunjukan dalam tabel diatas, pada kategori bisa mendapat persentase 53,6%. Terdapat pengaruh nyata dari faktor komunikasi dan karakteristik peserta didik terhadap kualitas pembelajaran, dihitung rataan skor dari indikator karakteristik peserta didik menggunakan rumus total skor jumlah responden pada indikator pendidikan rataan skor sedang senilai 2.19, pada indikator pekerjaan rataan skor sedang senilai 2.52, pada indikator status jalur pembayaran rataan skor sedang senilai 2.32 dan pada indikator keterdedahan media rataan skor tinggi senilai 3.38. Dari analisis statistik inferensial koefisien ? pengaruh komunikasi dan karakteristik peserta didik terhadap kualitas pembelajaran di STIDKI Bogor dengan indikator komunikasi dan karakteristik peserta didik yaitu pendidikan, pekerjaan, status jalur pembayaran dan keterdedahan media terhadap kualitas pembelajaran dengan indikator–indikatornya yaitu tingkat keterampilan, perubahan sikap, kesadaran peserta didik dan kemampuan peserta didik.