EFEKTIVITAS DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL INTERNET
Abstract
Di era globalisasi saat ini penyampaian ajaran Islam tidak bisa tidak harus menggunakan media komunikasi massa modern, semisal televisi, film, radio, internet, koran/surat kabar, majalah, buku, dan sebagainya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pesan dakwah adalah melalui media sosial internet. Dakwah merupakan aktivitas memanggil, mengundang atau mengajak. Dakwah adalah perintah atau seruan kepada sesama manusia untuk kembali dan hidup sepanjang ajaran Allah yang benar. Dakwah adalah menyeru manusia kepada kebajikan dan melarang kemungkaran agar mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Dakwah juga merupakan suatu proses yang berkesinambungan yang ditangani oleh para pengemban dakwah untuk merubah sasaran dakwah agar bersedia masuk ke jalan Allah Selanjutnya media dakwah merupakan suatu proses penyampain pesan melalui media elektronik baik yang berbentuk audio, audio visual dan lain-lain. Sedangkan media dakwah merupakan salah satu unsur yang sangat penting diperhatikan dalam aktivitas dakwah, dengan adanya media penyampaian dakwah akan lebih mudah, murah, praktis, efektif dan efisien. Metode dakwah terdapat pada sejumlah pendekatan yang dipakai dalam berdakwah yang dihimpun dalam suatu sistem. Adapun macam-macam media sebagai penunjang dakwah yaitu media komunikasi atau media tatap muka, media audio visual, media visual, media individual, media dakwah melalui lisan, dan media elektronik. Macam-macam media elektronik sebagai penunjang dakwah yaitu internet, televisi, dan radio.