PEMBELAJARAN DARING DENGAN APLIKASI MEDIA INTERAKTIF MICROSOFT FORM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah dengan menggunakan Learning manajemen system (LMS) melalui aplikasi microsoft form dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar daring/online SMK PGRI Transpram II Lampung Timur Tahun 2020?Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan kualitas pembelajaran during/online, efektifitas penggunaan LMS dan meningkatkan kemampuan kompetensi guru dalam mengajar during/online secara ilmiah dengan LMS melalui aplikasi microsoft form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, Instrumen yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanan Pembelajaran, LKS dan Tes Formatif. Data diperoleh melalui observasi pengolahan metode pembelajaran fragmatika dinamis pada materi pelajaran, dan tes formatif. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Dari analisis diperoleh Pembelajaran dengan metode pembelajaran fragmatika dinamis berbasis LMS Melalui Aplikasi Microsoft Form (Office 365), pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan kompetensi Guru pada masa Covid-19. Penerapan metode pembelajaran fragmatika dinamis berbasis online merupakan solusi penyajian pembelajaran jarak jauh. Proses pembelajaran antara guru dan siswa dapat di pantau oleh berbagai pihak.