IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF-INTRAKTIF FIKIH IBADAH PADA SISWA KELAS VII MTS TANBIHUL GHOFILIN BAWANG BANJARNEGARA NAUFAL STAI Tanbihul Ghofilin Banjarnegara

Abstract

  Abstrak   Implementasi pembelajaran fikih ibadah komunikatif-intraktif pada siswa kelas 7 MTs Tanbihul Ghofilin Bawang Banjarnegara, dalam penelitian ini memiliki latar belakang pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, yang bertujuan untuk menjadikan sebuah generasi yang baik dan bagus tentunya, namun dalam setiap proses pendidikan khususnya pada pembelajaran mempunyai sebuah kendala dan hambatan, yang terjadi pada pembelajaran MTs Tanbihul Ghofilinnya khusus kelas 7, dari penelitian ini mempunyai tujuan. 1)untuk mengetahui upaya dan strategi pembelajaran, 2) Metode pembelajaran. 3) faktor-faktor pembelajaran, dengan menggunakan metode kuantitatif yang menghasilkan data deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi, dalam menganalisis data yang sistematis kemudian mengorganisasikan data menjabarkan data ke unit dan menyusun ke dalam pola yang menghasilkan sebuah kesimpulan, dalam pembelajaran yang terjadi di MTS Tanbihul Ghofilin sudah sesuai tujuan dengan dan tata cara pembelajaran, kemudian dalam setiap pembelajaran tersebut ditemukan beberapa faktor baik pendukung maupun penghambat yang bersumber dari internal dan eksternal, dan berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh guru pengampu mata pelajaran fikih kelas 7 di MTs Tanbihul Ghofilin Bawang Banjarnegara.   Kata kunci: Pembelajaran Komunikatif-Intraktif, Fiqih Ibadah, MTs Tanbihul Ghofilin.