PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL ISHLAH

Abstract

Perpustakaan pada lembaga pendidikan merupakan bagian dari pusat sumber belajar, sehingga dapat mendukung pelaksanaan pendidikan formal dan memberi kesempatan untuk menumbuhkan sikap senang membaca yang pada gilirannya dapat mendorong penggunaan perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa dan memegang peranan penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca dengan pengelolaan yang baik. Hasil dari penelitian ini adalah:1) Pengelolaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa baik pengelolaan personalia perpustakaan sekolah, pengelolaan ruang perpustakaan sekolah, pengelolaan pengaturan buku-buku perpustakaan, dan pengelolaan media perpustakaan di Madrasah Aliyah Darul Ishlah dapat dikatakan kurang baik dikarenakan pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa belum begitu maksimal. 2) Pengelolaan personalia perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa baik tanggung jawab petugas maupun pembinaan petugas perpustakaan di Madrasah Aliyah Darul Ishlah dapat disimpulkan baik, 3) Pengelolaan ruang perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa baik penataan ruang, peralatan dan perlengkapan perpustakaan di Madrasah Aliyah darul Ishlah dapat disimpulkan kurang baik, karena ruangan dan peralatan perpustakaan kurang memenuhi standar.4) Pengelolaan pengaturan buku-buku perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa baik penyusunan buku-buku, dan pemeliharaan buku-buku perpustakaan di Madrasah Aliyah Darul Ishlah dapat disimpulkan baik,.5) Pengelolaan media di perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Aliyah Darul Ishlah dapat disimpulkan kurang baik, karena masih belum menggunakan media perpustakaan.