PEMBERDAYAAN GURU SMK MELALUI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM) UNTUK MENUMBUHKAN EKOSISTEM BELAJAR SISWA
Abstract
Guru sekolah kejuruan merupakan guru profesional memiliki tugas untuk merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat. Guru jenjang SD hingga SMA-SMK dominan menyampaikan isi kurikulum dan transfer materi saja sesuai beban jam mengajar yang tersedia. Jika target hanya memenuhi ketuntasan kurikulum Guru sebagai pendidik tidak dapat sepenuhnya memahami peserta didik sesuai dengan karakteristik, minat dan bakatnya masing-masing. Tujuan berbincang bersama adalah mengenalkan Gerakan Sekolah Menyenangkan untuk merubah mindset guru dalam mendidik peserta didiknya dan memberikan praktik baik pembelajaran yang dapat menumbuhkan ekosistem belajar siswa yang positif. Metode kegiatan berbentuk In House Training (IHT) dengan pemateri Kepala SMK N 1 Menggala dan kolaborasi Komite Pembelajaran Sekolah Pusat Keunggulan SMK N 1 Menggala. Sasaran kegiatan adalah guru di SMK N 1 Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Hasil dari In House Training (IHT) ini adalah : 1) adanya perubahan mindset guru dalam perannya sebagai pendidik 2) aktifitas pagi berbagi, praktik project based learning, refleksi dan penyusunan rencana tindak lanjut yang dapat menjadikan ekosistem belajar siswa di sekolah.