UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yaitu pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan acuan Kurikulum 2013 yang berlaku di SMK Negeri 1 Menggala. Penelitian pada siklus 1 diperoleh hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang masih belum memuaskan karena masih ada siswa yang nilainya masih di bawah KKM dan indikator kerja belum terpenuhi karena masih > 90% yaitu 56%. Sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata- rata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan siswa kelas XI adalah 66,67. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai hasil belajar siswa rata-ratanya adalah 72,89. Selanjutnya pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa menjadi meningkat yaitu 89,48. Sebelum dilakukan tindakan kategori rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori rendah dengan tingkat ketuntasan 44 % dari 27 siswa. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa masih berada pada kategori rendah dengan tingkat ketuntasan 56 % dari 27 siswa. Pada siklus II setelah dilaksanakan tindakan lebih lanjut sebagai hasil refleksi siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori tuntas dengan tingkat ketuntasan 100 %, dengan jumlah kelulusan 27 siswa.