KURIKULUM BADAN KOORDINASI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN UNTUK PENDIDIKAN ANAK DI KOTA SEMARANG

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Kurikulum Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an Untuk Pendidikan Anak Di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi (sumber dan teknik/metode), member checks, dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil wawancara dan pengamatan yang dilakukan peneliti ternyata tidak semua metode yang ada dalam kurikulum Badko TPQ kota semarang digunakan dalam pembelajaran, kebanyakan metode yang digunakan adalah metode ceramah, Tanya jawab, cerita, demonstrasi, dan latihan. Jadi, pelaksanaan perencanaan TPQ yang dibawah anggota Badko Kota Semarang belum ada kesamaan dalam perencanaan pembelajarannya. Tidak semua TPQ melaksanakan perencanaan pembelajaran, bahkan ada TPQ yang tdiak sama sekali ada perencanaannya.