IMPLEMENTASI KONSEP KHAIRU UMMAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Konsep Khairu Ummah Dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode riset kepustakaan (library research) dengan metode pengumpulan data menggunakan metode yuridis, metode tafsir maudlu‟i dan metode interpretasi sistematis. teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif data dan analisis semantik. Disamping itu dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan sintetis-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang berkesadaran dan bertujuan, Allah telah menyusun landasan pendidikan yang jelas bagi seluruh manusia melalui syariat Islam. Konsep pendidikan dalam Islam adalah, Pertama Pendidikan merupakan kegiatan yang harus memiliki tujuan, sasaran dan target yang jelas. Kedua, Pendidik yang sejati dan mutlak adalah Allah SWT. Ketiga, pendidikan menuntut terwujudnya program berjenjang melalui peningkatan kegiatan pendidikan dan pengajaran selaras dengan perkembangan anak. Keempat, peran seorang pendidik harus sesuai dengan tujuan Allah SWT menciptakannya.