Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Gamifikasi Quizizz dalam Pembelajaran di MAN 5 Agam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan persepsi siswa terhadap pemanfaatan gamifikasi Quizizz dalam Pembelajaran di MAN 5 Agam. Populasi dan responden penelitian adalah siswa MAN 5 Agam kelas 10, 11, dan 12 tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 180 orang. Responden yang memberikan jawaban kuisioner melalui Google Forms sebanyak 67 orang. Analisis data dilakukan menggunakan skala Likert. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan survey online kepada seluruh siswa melalui grup Whatsapp dengan memanfaatkan aplikasi google forms. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa menganggap penggunaan Quizizz untuk mengerjakan kuis yang ditugaskan sebelum pembelajaran secara tatap muka di kelas berdampak positif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa menganggap Quizizz merupakan aplikasi yang mudah digunakan, penggunaannya membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, meningkatkan penguasaan materi, dan menambah motivasi dan keaktifan siswa dalam belajar. Beberapa keterbatasan dan permasalahan yang terdapat pada penggunaan Quizizz menurut siswa, diantaranya adalah keterbatasan koneksi internet, batasan waktu yang diberikan terlalu sedikit.