Pendidikan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan
Abstract
Abstrak Studi ini mengkaji tentang pendidikan life skill santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya semacam keunikan santri yang mondok di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, biasanya santri yang mondok di pondok pesantren hanya memiliki kelebihan di bidang agama saja, namun santri yang mondok di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan agak sedikit berbeda dari pondok pesantren lainnya, yang mana Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan ini santri tidak hanya belajar ilmu agama namun santri juga mampu mengembangkan pendidikan keterampilan (life skil) sehingga hasil yang di kerjaakan oleh santri itu sendiri dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendidikan life skill santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan life skill santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, dan untuk mengetahui output dan outcome santri pendidikan life skill santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan analisis interaktif, Sedangkan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menyimpulkan: Pertama, proses pendidikan life skill tersebut dibagi menjadi 4 tahapan, pertama tahap perencanaan, kedua tahap memperhatikan, ketiga tahap praktek, keempat tahap pembiasaan. Kedua, Faktor pendukung pendidikan life skill di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan adalah: (1) Peralatan pendidikan life skill yang memadai, (2) Kedisiplinan dan keikhlasan Guru alumni yang mengajar pendidikan life skill, (3) Adanya minat santri. Dan faktor penghambat pendidikan life skill di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan adalah Tempat / Lokasi Praktek yang kurang memadai. Ketiga, Bentuk Autcome dan Output santri dari pendidikan life skill di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan: (1) outcome santri sudah ada yang mandiri dan sukses dalam mengaplikasikan keterampilan yang telah dipelajari dalam pendidikan life skill, sehingga outcome santri tersebut sudah dapat membantu orangtuanya dalam biayanya sehari-hari di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan. (2) Output alumni telah berhasil membuka usaha dibidangnya seperti toko perabotan, toko jahit, toko perbaikan komputer dan lain sebagainya Kata kunci :Pendidikan Life Skill, Santri Pondok Pesantren Nurul Yaqin