Pengembangan Komik Sejarah Islam dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di SDN 13 Tigo Jangko Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan komik sejarah Islam. Komik juga merupakan salah satu media untuk meningkatkan karakter siswa. Media pembelajaran komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 13 Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo masih kurang. metode  mengajar seorang pendidik dalam menyampaikan pesan pembelajaran sangatlah terbatas dan sangat monoton. Tujuan penelitian dalam penelitian adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas komik sejarah Islam dalam meningkatkan karakter siswa SD Negeri 13 Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Metode dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Jenis data dalam penelitian ini 2 macam, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen kualitatif, yaitu berupa pedoman wawancara, pedoman obeservasi. Sedangkan instrumen kuantitatif, yaitu terdiri dari lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple ramdom sampling. Peneliti mengambil 10 orang siswa kelas V SD Negeri 13 Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Komik Sejarah Islam yang dirancang dalam menanamkan karakter sudah valid dari aspek tujuan, rasional, isi media komik, karakteristik, kesesuaian dan bahasa, dan bentuk fisik. Media komik Sejarah Islam dalam menenamkan karakter pada materi pembelajaran untuk siswa SD Negeri 13 Tigo Jangko dapat dijadikan sebagai media pembelajaran/sumber belajar bagi guru mata pelajaran PAI  di SD Negeri 13 Tigo Jangko. Komik Sejarah Islam  dalam menenamkan karakter yang dirancang sudah praktis dari segi kemudahan siswa menggunakan komik. Praktikalitas penggunaan komik Sejarah Islam terhadap peningkatan karakter siswa di SD Negeri 13 Tigo Jangko berkisar pada anggka 92 %. Dari hasil tersebut penggunaan Komik sejarah Islam dalam meningkatkan karakter siswa sangat valid dan praktis, sehingga membuat siswa lebih cepat mengerti dan dapat langsung dipraktekan dalam kehidupan siswa sehari-hari, baik itu disekolah maupun siswa ketika berada di rumah.