Pengembangan Modul Elektronik Flipbook Materi Haji Dan Umrah Pada Pembelajaran Fiqh

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FLIPBOOK  MATERI HAJI DAN UMRAH PADA PEMBELAJARAN FIQH ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah pada mata pelajaran Fikih  diungkapkan bahwa pendidik belum mengunakan modul elektronik flipbook dalam pembelajaran, pendidik hanya mengunakan bahan ajar berupa buku paket, sehingga peserta didik merasa jenuh dan sulit memahami meteri pelajaran disebabkan buku paket tersebut kurang lengkap, kurang membuat peserta didik termotivasi dalam belajar karena disain dalam buku paket kurang menarik, seharusnya buku paket memiliki uraian materi yang lengkap, selain itu buku paket mempunyai tampilan yang menarik dengan variasi warna yang hidup, gambar sesuai dengan materi dalam buku paket. Tujuan penulis membuat modul elektronik flipbook adalah dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar  mengubah pola fikir peserta didik dan mengujudkan ide-ide logis sehingga pembelajaran terlaksana secara afektif.  Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research development) dengan menerapkan model 4D (define, design, develop dan desseminate). Sumber data adalah pendidik Fikih dan peserta didik kelas delapan. Instrumen  pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, intrumen dan lembar validasi. Modul yang telah dikembangkan kemudian dilakukan uji validasi dan praktikalisasi. Data yang didapat kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi modul elektronik flipbook memperoleh nilai 80.278 % dengan kategori valid. Sedangkan untuk hasil praktikalitas modul elektronik flipbook memperoleh nilai 97.44% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi dan uji praktikalisas tersebut maka modul elektronik flipbook ini layak digunakan materi Haji dan Umrah dalam pembelajaran Fikih. Kata Kunci: Modul Elektronik Flipbook, Fikih, MTsN 1 Tanah Datar Abstract The problem of this research is in the subject of Fiqh , it is revealed that educators have not used flipbook electronic modules in learning, educators only use teaching materials in the form of textbooks, so that students feel bored and find it difficult to understand the lesson material because the textbooks are incomplete, less motivated students. in learning because the design in the package book is not attractive, the package book should have a complete description of the material, besides that the package book has an attractive appearance with vivid color variations, pictures according to the material in the package book. The author's purpose in making the electronic flipbook module is to increase students' motivation in learning to change students' thinking patterns and realize logical ideas so that learning is carried out in an affective manner. This study uses research and development (research development) by applying a 4D model (define, design, develop and desseminate). Sources of data are Fiqh educators and eighth grade students. Data collection instruments are observations, interviews, instruments and validation sheets. The modules that have been developed are then tested for validation and practicalization. The data obtained is then analyzed to determine its validity and practicality. The results showed that the validation results of the flipbook electronic module obtained a value of 80.278% with a valid category. As for the practical results of the flipbook electronic module, the score is 97.44% with a very valid category. Based on the results of the validation and practicality test, this flipbook electronic module is suitable for use in Hajj and Umrah materials in Fiqh learning.   Keywords: Flipbook Electronic Module, Fiqh, MTsN 1 Tanah Datar