Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Talamau Tahfidz Centre (TTC) Talu, Pasaman Barat

Abstract

Rumah tahfidz Talamau Tahfidz Centre (TTC) yang berada di Sumatera Barat tepatnya di Talu Pasaman Barat adalah rumah tahfidz yang dengan fasilitas gratis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran serta metode apa yang diajarkan kepada peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an di rumah tahfidz Talamau Tahfidz Centre (TTC) tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di rumah tahfidz Talamau Tahfidz Centre (TTC) ini terdiri dari dua tingkatan yaitu untuk anak yang belum mengenal huruf hijaiyah dan Al-Qur’an (belum mampu membaca) pada tingkatan ini umumnya untuk anak usia dini dan sekolah dasar, dan metode yang digunakan adalah metode Talaqqi sedangkan untuk yang sudah mengenal Al-Qur’an (yang sudah mampu membaca Al-Qur’an) umumnya untuk anak usia SLTP dan SLTA dengan cara menghafal sendiri dan setelah itu baru setoran hafalan, pada setiap pertemuan 30 menit pertama melakukan muraja’ah setelah itu baru menambah hafalan, dan setoran hafalan  dengan menggabungkan hafalan yang sebelumnya dengan hafalan yang baru, metode yang digunakan adalah metode Wahdah