Kendala yang Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis E- Learning di Masa Pandemi

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan terganggunya proses pembelajaran secara konvensional, dalam hal ini pembelajaran secara daring menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran daring memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada siswa melalui media internet tanpa harus bertemu secara langsung. Tujuan pembahasan ini adalah memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran berbasis e- learning di SMA 1 Sungai Tarab, serta mengetahui pemanfaatan dan hambatan yang dialami siswa dalam penerapan strategi ini dimasa pandemi serta mencari solusinya. Subjek penelitian ini dilakukan kepada beberapa siswa SMA 1 Sungai Tarab, data dikumpulkan dengan wawancara secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi deskriptif, maksudnya metode ini bertujuan untuk menguraikan secara apa adanya yang terjadi sesuai fakta dan temuan di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran dengan memanfaatkan E-learning ini terdapat beberapa hambatan yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran baik bagi guru maupun bagi siswa itu sendiri, seperti sumber daya manusia yang belum optimal dalam penerapan strategi berbasis E-learning ini. Bagi siswa terdapat hambatan seperti jaringan yang kurang bagus dalam mengakses internet, tidak semua siswa memiliki hp yang dapat mengakses internet, serta sebagian siswa ada yang kurang memahami materi yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis E-learning ini, karena penjelasan guru yang hanya bersifat verbal.