Pelaksanaan Pembelajaran Alqur’an di Lembaga Pendidikan Qur’an Masjid Nurul Iman

Abstract

Permasalahan yang dilihat dalam penelitian ini adalah bahwa LPQ Nurul Iman memiliki kelebihan atau keistimewaan dibanding dengan LPQ yang lain di Kecamatan Lima Kaum dimana LPQ Nurul Iman berhasil melahirkan santri dan qori yang mahir dalam mempelajari Al Quran serta menjadi juara di setiap perlombaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al Quran di Lembaga Pendidikan Quran Mesjid Nurul Iman Simpang Kiambang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini mendapatkan hasil bahwa: 1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Lembaga Pendidikan Quran Mesjid Nurul Iman Simpang Kiambang yaitu  persiapan yang tidak tertulis, guru mempersiapkan dalam bentuk pemahaman saja, 2) Pelaksanaan pembelajaran Al Quran guru menggunakan dua cara dalam menyampaikan materi pembelajaran, Pertama, guru menjelaskan materi pembelajaran secara bersama- sama. Kedua, guru menjelaskan materi secara khusus yaitu langsung mengajari santri dengan berhadapan langsung satu persatu dengan guru. Metode yang digunakan adalah metode iqra, tartil, tilawati dan metode tajwid. Strategi pembelajaran Al Quran di LPQ ini yang digunakan yaitu strategi coopertive learning, ekpositori, dan inquiri. 3) Evaluasi pembelajaran Al Quran yang dilakukan oleh guru di Lembaga Pendidikan Quran yaitu: tes lisan, tes ini digunakan untuk mengetahui kemampuan santrimembacaAl Quran.