Efektivitas Kelompok Kerja Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kronstribusi Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD di Kecamatan Lika Kaum Batusangkar. Penelitian bersifat diskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah peserta yang aktif dalam mengikuti program kegiatan KKG yang berjumlah 15 orang minimal kehadirannya 75 % dari total kehadiran keseluruhan. Sementara sebagai data sekundernya adalah kepala sekolah dari peserta yang aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKG PAI SD Lima Kaum Batusangkar memberikan konstribusi positif dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI. Konstribusi positif kelembagaan KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI karena ada factor penentu keberhasilan tersebut yakni semangat dan motivasi, aktifitas dan kedisiplinan kehadiran mengikuti program dan pengembangan diri. Efektifitas pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru dilakukan dengan cara kegiatan tersebut berorientasi kepada latihan mengajar, kelengkapan sarana dan prasarana serta adanya pengawasan.