Analisis Pelaksanaan Program Remedial Dan Pengayaan Di SMAN 1 Kerinci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan remedial dan pengayaan di SMAN 1 Kerinci. Remedial dan pengayaan ini bermakna untuk sekolah karena untuk membantu siswa/siswi yang kesulitan belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penilitian yang dipakai yaitu studi kasus yang diperoleh melalui wawancara. Subjek pada penelitian ini siswa di SMAN 1 Kerinci. Sample dalam penelitian ini adalah narasumber dari 2 guru. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan 10 pertanyaan . Data kualitatif adalah sumber deskripsi dan penjelasan yang kaya dan beralasan tentang proses manusia. Dengan data kualitatif, seseorang dapat mempertahankan alur kronologis, melihat peristiwa mana yang menyebabkan konsekuensi mana, dan memperoleh penjelasan yang bermanfaat. Data dikumpulkan menggunakan Teknik pengumpulan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remedial dan pengayaan berperan penting dalam membantu siswa yang kesulitan belajar, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerja sama, dan pelaksanaan menjadi efektif.