Pengaruh Rasa Ingin Tahu dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Tangerang Selatan

Abstract

Rendahnya literasi sains siswa menjadi gambaran bahwa pemahaman sains masih tergolong rendah. Rasa ingin tahu dan percaya diri dianggap sejalan untuk mempengaruhi literasi sains. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh rasa ingin tahu dan percaya diri secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi sains; (2)  pengaruh rasa ingin tahu terhadap kemampuan literasi sains; dan (3) Pengaruh percaya diri terhadap kemampuan literasi sains. Metode yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan rasa ingin tahu dan percaya diri secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,045<0,05 dan nilai Fh = 3,210; (2)  terdapat pengaruh yang signifikan rasa ingin tahu terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,027<0,05 dan nilai th = 2,252; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,048<0,05 dan nilai th = -2,010. Dengan demikian dapat dibuktikan kemampuan literasi sains dapat dipengaruhi sikap rasa ingin tahu dan sikap percaya diri, baik secara parsial maupun bersama-sama.