Penggunaan GCA dan PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar serta Partisipasi Siswa pada Materi Limit Fungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui, seberapa besar peningkatan hasil belajar, dan bagaimana perubahan perilaku partisipatif siswa melalui penggunaan Giesoft Cloud Assessment (GCA) dan Problem Based Learning (PBL) pada pada materi limit fungsi bagi siswa kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran 2016. Metode penelitian ini adalah PTK. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan GCA dan PBL dapat diimplementasikan oleh siswa dan guru dengan baik, hasil belajar siswa meningkat, yaitu: persentase ketuntasan belajar matematika pada kondisi awal 37,80% (14 dari 37 siswa), pada siklus I sebesar 59,50% (22 dari 37 siswa), dan pada siklus II sebesar 81,10% (30 dari 37 siswa), perubahan perilaku partisipasi siswa dalam kerja kelompok meningkat, rata rata nilai sikap partisipatif siswa pada kondisi awal sebesar 51, pada siklus I mencapai 63, dan pada siklus II mencapai 74. Proses pembelajaran menggunakan GCA dan PBL dapat diimplementasikan oleh siswa dan guru dengan baik, besar peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 43% (bergerak dari kondisi awal 37.8% menuju siklus IIĀ  81,10%), disamping itu terjadi peningkatan perilaku partisipatif siswa saat melaksanakan aktifitas kerja kelompok dan antar kelompok.