Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Gerak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penigkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan pemahaman siswa pada materi sistem gerak melalui media audio-visual. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yaitu siklus I, sikuls II, dan siklus III. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII ruang K MTsN 2 Ponorogo dengan jumlah 27 siswa. Aktivitas belajar siswa yang diamati dalam penelitian ini yaitu aktivitas visual, aktivitas berbicara, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas mental, dan aktivitas emosi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan siswa dan soal tes tertulis. Analisis data aktivitas siswa dilakukan melalui analisis deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan aplikasi anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, yaitu pada siklus I 56,58%, siklus II 58,9% dan siklus III 65,32%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas. Pada siklus I, terdapat 15 siswa memperoleh nilai tuntas, pada siklus II terdapat 21 siswa memperoleh nilai tuntas,dan pada siklus III terdapat 25 siswa yang memperoleh nilai tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual pada materi sistem gerak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.