Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Materi Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan minat peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya. 2) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pre-test-Post-test Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VIII A dan VIII C. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Instrumen penelitian ini adalah angket dan soal tes (pretest dan posttest). Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji-t Independent dengan rumus polled varians. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya. 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya.