Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Besaran Dan Satuan MTs Muslimat NU Palangka Raya
Abstract
Penelitian ini bertolak dari sebagian siswa yang menganggap bahwa pelajaran IPA fisika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan membuat motivasi dan hasil belajarnya cenderung rendah. Pemilihan model pembelajaran discovery learning dirasa sangat tepat untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran. Sehingga mampu menunjang hasil belajar dan kemampuan dalam menemukan sendiri konsepnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model discovery learning pada materi besaran dan satuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif pra eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Pengambilan sampelmenggunakan pupossive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model discovery learning dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.