Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis CTL Materi Ekosistem Pada Peserta Didik Kelas VII MTs

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis CTL Materi Ekosistem yang memiliki kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas VII MTs Fathul Jannah Palangka Raya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang merupakan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar validasi (ahli materi dan media), angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji coba produk hanya dilakukan pada skala kecil dengan melibatkan 5 orang peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKPD Berbasis CTL Materi Ekosistem layak digunakan untuk uji skala besar setelah dilakukan perhitungan validasi dan kepraktisan. Validasi dari ahli materi sebesar 3.33 dan ahli media 3.45, keduanya masuk kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD dilihat melalui angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Skor keseluruhan dari angket respon peserta didik diperoleh hasil sebesar 3.40 sedangkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 4.33, keduanya masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis pada uji skala kecil.