Peningkatan Minat dan Kemampuan Memahami Barisan Dan Deret Bilangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan memahami konsep barisan dan deret melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX D MTs N 2 Ponorogo kepada sebanyak 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Maret-April 2019 oleh peneliti dan dibantu oleh kolaborator guru matematika lain. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket untuk mengukur minat siswa, lembar observasi untuk mengamati proses pembelajaran oleh kolaborator, dan tes untuk memperoleh nilai hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian setelah siswa melalui dua siklus pembelajaran diperoleh hasil peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Peningkatan minat siswa sebesar 22% (dari 78% menjadi 100%) antara kondisi sebelum penelitian dan setelah dua siklus pembelajaran, Adapun nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 72,9%, dimana siswa yang tuntas pada awalnya hanya 19,6% kemudian meningkat menjadi 92,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi barisan dan deret dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa setelah melalui dua siklus pembelajaran.