Pengembangan Modul Berbasis Flip and Pop Up Full GamesTerintegrasi Keislaman pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi, validitas, dan kepraktisan modul berbasis flip dan pop up full games terintegrasi keislaman yang dikembangkan pada konsep sistem pertahan tubuh untuk peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk memenuhi analisis kebutuhan terhadap bahan ajar untuk peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian yang dilakukan meliputi potensi masalah, analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, pengembangan, validasi, revisi desain, dan, uji coba produk skala kecil. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket dengan peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa modul yang dikembangkan memiliki deskripsi berupa modul cetak ukuran 210 mm 250 mm yang dicetak pada kertas glossy dengan jilid perfect binding. Modul yang dikembangkan memiliki basis flip dan pop up serta memuat konten permainan edukatif berupa teka-teki silang, temu kata, puzzle, dan ular tangga. Adapun isi modul memuat integrasi keislaman dengan konsep yang dibahas serta biosupplement. Hasil penelitian menunjukkan persentase tingkat kevalidan materi modul 94,66% valid, kevalidan media (desain) modul 85,83% valid, dan kevalidan integrasi keislaman 86,09% valid. Adapun kepraktisan modul diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,4% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul berbasis flip dan pop up full games terintegrasi keislaman pada konsep sistem pertahanan tubuh dinyatakan valid dan praktis serta layak digunakan di lapangan.