Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Audio Visual Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Sistem Pernafasan Pada Kelas VIII SMPN 8 Palangka Raya

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC berbantuan media audio visual terhadap keaktifan dan hasil belajar serta untuk megetahui keterterapan model CIRC berbantuan media audio visual terhadap keaktifan serta hasil belajar di kelas VIII SMPN 8 Palangka Raya. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan design Nonequivalent Control Group design, karena rancangan ini melibatkan 2 kelompok yaitu: kelompok eksperimen serta kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan pretest terlebih dahulu, kemudian diberikan posttest pada akhir pertemuan. Pada kelas kontrol diberikan pretest terlebih dahulu, kemudian diberikan posttest pada akhir pertemuan. Sampel penelitian ini ialah 65 siswa. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data berupa test dan juga angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis instrumen, perhitngan N-Gain, uji persyaratan analisiss data (uji normalitass dan uji homogeniitas serta uji hipotessis). Berdasarkan hasil perhitungan data, di dapatkan bahwa adanya pengaruh keaktifan peserta didik kelas VIII.7 dan VIII.8 SMPN 8 Palangka Raya melalui pembelajaran dengan model CIRC berbantuan media audio visual dengan skor rata yang di peroleh kelas eksperimen yaitu 86,99 dengan kategori tinggi dan skor rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 65,52 dengan kategori sedang. Terdapat pengaruh model CIRC berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar dengan kategori pengujian yaitu nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu0,000<0,05 maka H0 di tolak dan Ha di terima. Model pembelajaran CIRC berbantuan media audio visual bisa meningkatkan hasil belajar siswa boleh dilihat dari pengujian N-Gain di dapatkan hasil rata kelasĀ ekspeimen 0.68 dengan kriteria sedang, untuk kelas kontrol 0,32 dengan kriteria rendah. Keterterapan model CIRC berbantuan media audio visual terhadap keaktifan dan hasil belajar di kelas VIII SMPN 8 Palangka Raya, termasuk kategori tinggi dimana skor rata-rata keaktifan 86,99 dan skor rata-rata hasil belajar pada posttest 84,54. Kata Kunci : keaktifan, hasil belajar, keterterapan