Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Arthropoda Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi  Arthropoda untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa  dan meningkatkan CTS dengan menggunakakan pendekatan Studen-Centered Learning. Pengembangan perangkat  menggunakan  pengembangan model ADDIE, perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari 1) RPS 2) Bahan Ajar 3) Lembar kerja mahasiswa 4) Evaluasi hots. Pengembangan perangkat mengunakan hasil validasi ahli dan uji terbatas. Hasil pengembangan berupa 1) Pengembangan perangkat perangkat dengan kategori valid dan layak digunakan 2) Hasil keterlaksanaan  RPS  menggunakan pendekatan SCL dengan kategori cukup baik dan respon mahasiswa terhadap langkah-langkah RPS positif dan mengacu pada keterampilan berpikir kritis dengan kategori N-gain 0,73 dengan nilai tinggi. 3)Pengembangan pada Bahan Ajar dengan kategori baik,  4)  LKM didesain sederhana  untuk meningkatkan keterrampilan berpikir kritis, 5) Alat evaluasi   mengacu pada soal hots. Pelaksanaan penelitian secara hybrid learning dengan memadukan kegiatan online dan offline, kegiatan, perkuliahan secara online menggunakan Whatsapp, GcR dan Zoom, dan kegiatan perkuliahan secara offline dilaksanakan mahasiswa dengan mengakses bahan ajar dan instruksional yang ada di dalam GcR secara mandiri. Perangkat pembelajaran materi Arthropoda berbasis Student-Centered Learning dapat digunakan di masa pandemi untuk  meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.