Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Modifikasi Literasi Sains dan Bridge Card pada Pokok Bahasan Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IXA MTsN 4 Ngawi pada pokok bahasan kelangsungan hidup makhluk hidup melalui modifikasi literasi sains dan bridge card. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Jumlah putaran dalam penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menemukan bahwa model pembelajaran dengan memodifikasi literasi sains dan bridge card memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan siswa pada materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup di kelas IX E MTsN 4 Ngawi yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Pada siklus I siswa secara klasikal keberhasilan belajar siswa mencapai 66,66 %, sedangkan siklus II mencapai 83,33 %,. Siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan sedangkan siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan dengan kenaikan 16,67%. Pada siklus I hasil pengamatan menyatakan bahwa rata-rata aktivitas siswa masih kurang (76,5%). Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa sudah mencapai kategori aktif (90%). Terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 13,34%. Peningkatan ini terutama pada aktivitas diskusi antar siswa dan kemauan siswa dalam menyampaikan pendapatnya. Hal Ini menunjukkan siswa semakin termotivasi dalam belajar IPA pada materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup.