Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Kritis pada Materi Listrik Dinamis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IXB MTsN 4 Ngawi pada materi Listrik Dinamis melalui metode tanya jawab kritis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tanya jawab kritis pada materi listrik dinamis dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPA, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: Sangat senang mengalami kenaikan 25% ; Senang mengalami kenaikan 18 %; kurang senang menurun 18% dan tidak senang menurun 15%. Penggunaan metode tanya jawab kritis juga dapat meningkatkan keberanian bertanya dan motivasi siswa belajar IPA, sehingga dapat meningkatkan nilai ulangan harian atau prestasi belajar  siswa. Adapun peningkatan  dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: Predikat sangat baik ( nilai 90 – 100 ) mengalami kenaikan 25 % (dari 0% menjadi 15%) ; Predikat baik (nilai 70 – 80 ) mengalami kenaikan 3 % ( dari 57 % menjadi 60 % ); Predikat cukup (nilai 50 – 60 ) mengalami penurunan 28 % ( dari 44 % menjadi 15 %)  Hal Ini menunjukkan siswa semakin termotivasi dalam belajar IPA pada materi Listrik Dinamis Melalui Metode Tanya Jawab Kritis dan mengalami peningkatan hasil belajar setelah melewati dua siklus pembelajaran.