Penerapan Media Animasi Berbantukan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tanaman Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterterapan model inquiry terbimbing berbantuan media animasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dan mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model inquiry terbimbing berbantuan media animasi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII MTS Islamiyah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif desain penelitiannya menggunakan one group pretes postes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan berpikir kritis dengan 7 sub indikator dan lembar observasi keterterapan pembelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan porpusive sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukan Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan media animasi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII A MTS Islamiyah Palangka Raya telah terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 84,09. Keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kriteria baik dilihat dari analisis pencapaian sub indikator keterampilan berpikir kritis.