ANALISIS STRATEGI USAHA DAGANG OFFLINE DITENGAH PERSAINGAN USAHA PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS UMKM DI KELURAHAN NGLAMES KABUPATEN MADIUN)
Abstract
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui berbagai strategi bisnis yang dilakukan pelaku usaha (UMKM) dalam menghadapi pandemic Covid 19 yang berlokasi di Kelurahan Nglames Kabupaten Madiun dengan objek penelitian adalah pelaku usaha (UMKM) yang bertempat di pinggir jalan raya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pengamatan dan disertai dengan wawancara kepada pemilik dan karyawan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat tiga strategi penting pelaku usaha untuk mempertahankan usaha mereka dalam menghadapi Covid 19, yaitu pertama dengan melihat pergerakan permintaan pasar yang berdampak pada pengurangan produk yang dijual kepada konsumen. Kedua, dengan menggunakan media sosial atau media chatting, dan media massa atau media elektronik, atau gabungan antara keduanya. Strategi ini dianggap mampu untuk mengahadapi pengurangan konsumen yang datang dikarenakan pembatasan mobilitas masyarakat. Sehingga antara penjual dan pembeli tetap dapat melakukan jual beli walaupun tidak terjadi secara langsung. Ketiga yaitu hanya dengan menggunakan media chatting, yaitu memasarkan produk usaha di grup atau status media chatting, sepeti whatsapp dan telegram. Semua strategi adalah dapat membantu usaha masing masing untuk bertahan, tetapi strategi yang dianggap paling maksimal dalam mendapatkan laba adalah strategi yang kedua yaitu pemanfaatan teknologi informasi (media sosial dan media massa serta elektronik).