MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS SURAT DENGAN MEDIA BELAJAR POWER POINT PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMKN 1 MARTAPURA KABUPATEN BANJAR

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian tindakan kelas ini dalah masih rendahnya prestasi peserta didik kelas XII-BDP 2 dalam pembelajaran  Bahasa Indonesia di SMKN 1 Martapura Kabupaten Banjar. Tujuan adalah untuk mengetahui meningkat tidaknya hasil belajar mata pelajaran  Bahasa Indonesia materi pokok bahasan Menulis Surat pada siswa kelas XII SMKN 1 Martapura Kabupaten Banjar melalui penggunaan media Power Point. Penelitian tindakan kelas dengan indikator penelitian adalah ketuntasan belajar perorangan dan ketuntasan belajar klasikal. Dari basil penelitian menunjukan  adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Simpulan bahwa ketuntasan belajar perorangan subjek penelitian dari kondisi awal sebesar 72% ke akhir siklus I yang mencapai 81 % berarti mengalami kenaikan 9%. Dari siklus I ke akhir siklus II juga ada peningkatan ketuntasan belajar perorangan, yaitu dari 81 % pada siklus I menjadi 94% di akhir siklus IL Dengan demikian dari kondisi awal ke kondisi akhir ketuntasan belajar perorangan mengalami peningkatan 22%. Hal tersebut juga terjadi peningkatan pada ketuntasan belajar klasikal, yaitu 76% pada kondisi awal menjadi 86% pada kondisi akhir yang berarti terjadi kenaikan sebesar 10%.