PERHATIAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Pendidikan kurikulum merupakan keseluruhan kegiatan yang dirancang sekolah untuk memberikan berbagai pengalaman kepada siswa, baik di dalam ataupun di luar kelas. Kurikulum tidak hanya identik dengan materi pelajaran, akan tetapi semua kegiatan yang dirancang sekolah untuk mengembangkan kapasitas diri siswa juga termasuk pada kurikulum. Pendidikan merupakan proses pemanusiaan manusia yang harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia selalu berkembang setiap saat seiring pesatnya perubahan zaman. Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan model analisis content analysis dengan meninjau secara mendalam pendidikan kurikulum dengan sumber utama dari literature Islam dan umum. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Kurikulum di pandang sebagai jantung pendidikan hal ini sangat esensial bagi lembaga pendidikan. Melalui kurikulum maka proses belajar akan mudah dilaksanakan, dan kurikulum akan membentuk kepribadian seseorang agar mampu menghadapi problematika kehidupan. Dan juga kurikulum dapat diakui sebagai kekuatan tersendiri dalam membentuk prestasi dan produktivitas peserta didik. Dengan kurikulum akan menginterprestasikan lingkungan yang gemilang sehingga menciptakan insan yang mulia. Sedangkan karakteristi kurikulum harus sejalan dengan idelitas Islam. Antara kurikulum, motode, dan tujuan pendidikan Islam harus saling berkaitan (releven) dengan produk/hasil yang diinginkan. Cakupan dan kandungannya harus luas dan menyeluruh.Kata Kunci : Pendidikan, Kurikulum, Pengembangan