PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN STRATEGI TSTS (TWO-STAY TWO-STRAY) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX A TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 2 RANTAU

Abstract

Sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/ belajar kelompok yang terstruktur, sebaiknya guru meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (63,64%), siklus II (81,82%). Strategi  TSTS (Two-Stay Two-Stray) dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX A, serta model pembelajaran ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.     Kata Kunci : Pembelajaran matematika, strategi TSTS (Two-Stay Two-Stray).