MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI (TUJUAN PENGGUNAAN, FUNGSI, PRINSIP PEMILIHAN, PENGGUNAAN, DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN)

Abstract

 Pembelajaran IPA media merupakan alat yang membantu dalam memperjelas konsep dan pemahaman konsep IPA yang sedang dipelajari oleh siswa SD/MI. Melalui proses komunikasi, pesan diterima, diserap, dan dihayati oleh penerima pesan. Maka agar tidak terjadi kesalahan dalam proses komunikasi, perlu digunakan sarana yang membantu proses komunikasi yang disebut media. Adapun rumusan masalah yang akan dipaparkan pada tulisan ini berupa definisi bagaimana media pembelajaran IPA SD/MI yang berorientasi pada Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, dan Jenis Media Pembelajaran IPA SD/MI. Sedangkan tujuannya untuk memberikan reperensi tambahan bagi tenaga pendidik atau guru IPA yang dikhususkan pada ranah anak usia SD/MI dalam  memahami poin-poin media pembelajaran IPA SD/MI, mulai dari Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, dan Jenis Media Pembelajaran IPA SD/MI.Selain itu juga diharapkan dengan adanya tulisan ini menjadikan pembelajaran IPA SD/MI menjadi lebih menyenanagkan dan diharapkan dengan adanya tulisan ini menjadikan pembelajaran IPA SD/MI mulai dari guru sebagai pentransper ilmu dan peserta didik sebagai penerima ilmu menjadi mudah dan tercapainya tujuan pembelajaran IPA SD/MI.Kata Kunci : Media, Pembelajaran IPA SD/MI