PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN TAFSIR DAN HADIS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM MARTAPURA

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran di pondok pesantren dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan pengolahan data hasil evaluasi pembelajaran tafsir dan Hadis, penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Darussalam Martapura, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara serta analisis data deskriptif kualitatif dengan pengambilan kesimpulan secara induktif, adapun hasil penelitian ini pelaksanaan evaluasi pembelajaran di pondok pesantren Darussalam Martapura sudah berjalan dengan baik dilihat dari pertama perencanaan evaluasi pembelajaran di pondok pesantren ini hanya menyusun naskah soal dan memberitahukan kepada santri batasan-batasan materi yang akan diujikan seperti dalam kitab hadis Riyadussholihin dari halaman 1-25, kedua pelaksanaan evaluasi pembelajaran di pondok pesantren lebih banyak menggunakan intrumen evaluasi tes yaitu tes lisan dan tes tertulis, ketiga monitoring di pondok pesantren ketika pelaksanaan evaluasi seperti ujian nisfu sanah dan ujian akhir sanah melakukan monitoring atau mengawasi pelaksanaan ujian dan keempat pengolahan data hasil evaluasi pembelajaran di pondok pesantren setelah pelaksanaan evaluasi pembelajaran melakukan pengoreksian dan memberikan skor dan nilai dengan rentang nilai 1-10 terhadap jawaban dari santri kemudian dilaporkan dalam bentuk raport santri. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Tafsir, Hadis