PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MENUJU ERA DIGITALISASI PADA MATA PELAJARAN IPS

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha yang disengaja untuk membantu seseorang memahami segala sifat- sifat kejiwaan, akhlak, watak yang mampu menjadikan seseorang sebagai manusia yang berkarakter. Meski demikian, hal itu perlu diperkuat guna mempertahankan ciri nasional dan bangsa di era modern revolusi ini.. Revolusi industri 4.0 juga berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia, dimulai dengan digitalisasi sistem pendidikan yang mengharuskan setiap komponen dalam bidang pendidikan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Salah satu contoh adalah sistem pembelajaran tatap muka di dlam kelas digantikan melalui sistem pembelajaran secara tidak langsung atau melalui jaringan internet. Kurangnya pemahaman mengenai pendidikan karakter ini juga berdampak terhadap lunturnya identitas bangsa Indonesia, nilai-nilai luhur bangsa Indonesia mulai ditinggalkan oleh anak-anak kita. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan solusi agar tujuan dari pembelajaran IPS tetap menjadi insan yang berkarakter diera revolusi industri 4.0 ini. Adapun penguatan pendidikan karakter di era Revolusi Industri 4.0 dapat dilakukan dengan mengintegrasikan kegiatan kelas, di luar kelas sekolah dan di luar sekolah (komunitas / komunitas). Integrasikan aktivitas di dalam kelas, ekstrakurikuler, dan ekstrakurikuler; kemudian penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Era Digitalisasi, Pelajaran IPS