MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA MATERI KOMPONEN LISTRIK DAN FUNGSINYA DALAM RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DI KELAS VI SD ISLAM SEKUMPUL MARTAPURA KABUAPATEN BANJAR

Abstract

Karakterisitik pembelajaran tematik salah satunya model pembelajaran discovery (penemuan terbimbing), berinteraksi dengan lingkungan mengeksplorasi dan memanipulasi objek, mengajukan pertanyaan, atau melakukan eksperimen. Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Temuan dari hasil penelitian antara lain: Melalui model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil tematik pada materi komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana di kelas VI SD Islam Sekumpul Martapura Kabuapaten Banjar . Hal ini terbukti dengan ketuntasan siswa pada aspek pengetahuan siklus I 70% dan setelah di refleksi ketuntasan siswa meningkat menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 22%. Pada aspek keterampilan ketuntasan siswa siklus I sebesar 69%, setelah direfleksi meningkat menjadi 95% terjadi peningkatan sebasar 25% dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada materi komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana di kelas VI SD Islam Sekumpul Martapura Kabuapaten Banjar , terbukti rata – rata  aktivitas guru siklus I 78% terlaksana, setelah di refleksi meningkat pada siklus II menjadi 97% rata – rata aktivitas guru siklus II terjadi peningkatan 19%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery dapat membantu meningkatkan hasil belajar tematik pada materi komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana di kelas VI SD Islam Sekumpul Martapura Kabuapaten Banjar , terbukti rata - rata aktivitas siswa siklus I 79% terlaksana, setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 91% rata – rata aktivitas siswa siklus II terjadi peningkatan 12%.  Kata Kunci : Tematik, listrik, penemuan terbimbing.