PESANTREN, MADRASAH DAN SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Di era global kepiawaian, kultur dan peran strategis itu harus menjadi lebih dimunculkan, atau dituntut untuk dilahirkan kembali Pesantren, madrasah dansekolah Islam mempunyai reputasi tersendiri sebagai lembaga yang bercirikanagama Islam. Sebagai lembaga pendidikan pesantren madrasah dan sekolah Islamumumnya menyelenggarakan pendidikan. Bahkan karena memiliki ciri khususyang membedakannya dengan penyelenggaraan pendidikan lain. Sebagailembaga sosial kemasyarakatan dibuktikan dengan diharapkannya kehadiranpesantren, madrasah dan sekolah Islam dalam masyarakat. Kehadiran di sini dimaksudkan dalam rangka changing and developing masyarakat. Pesantren, madrasah dan sekolah Islam di sini dianggap sebagailambang permanensies seorang kiyai di komunitas, atau daerah tertentu. Di bidangini pesantren, madrasah dan sekolah Islam sangat dikagumi karena pandaimerubah perilaku masyarakat, memotivasi, atau melakukan perubahan-perubahanterhadapnya sekalipun terdapat keluhan akan adanya pesantren yang bersifateklusif, tertutup dengan masyarakat lingkungannya, namun umumnya masyarakatsekitar pesantren mengalami perkembangan yang lebih baik dari sebelumnya.Kata kunci : Pesantren, Madrasah/Sekolah, Pemikiran, Pendidikan Islam.