IMPROVING STUDENT’S WRITING ABILITY IN REPORT TEXT THROUGH CLUSTERING TECHNIQUE AT GRADE XI SMAN 1 SIABU

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui teknik clustering di kelas XI SMAN 1 Siabu, masalah siswa dalam kemampuan menulis adalah siswa tidak memiliki ide untuk menulis, siswa tidak dapat mengembangkan ide untuk menulis, siswa tidak tertarik menulis bahasa Inggris dan guru bahasa Inggris tidak memiliki teknik yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pencapaian siswa dalam menulis teks laporan dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi siswa menulis teks laporan dengan menggunakan teknik clustering pada siswa kelas XI SMAN 1 Siabu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan mengimplementasikan desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah. Itu adalah rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu, untuk menyelesaikan masalah penulisan teks laporan, peneliti menerapkan teknik clustering. Partisipan dari penelitian ini adalah semua siswa di kelas XI IPA3 SMAN 1 Siabu yang terdiri dari 28 siswa '. Instrumen pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data adalah skor rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan melalui teknik clustering implementasi. Skor rata-rata siswa menunjukkan peningkatan dari siswa yang menulis teks laporan. Hasil tes pertama pada siklus pertama adalah 58,92 (25%) dan tes kedua pada siklus kedua adalah 83,28 (89,28%). Skor rata-rata dari siklus kedua lebih tinggi dari siklus pertama. Penerapan teknik clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks laporan pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Siabu, artinya hipotesis dapat diterima.