Improving Listening Mastery by Using Dictogloss Technique at the VIII Grade Students of SMP Negeri 2 BatangAngkola
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah Listening siswa dalam bahasa Inggris. Masalah penting yang mempengaruhi listening siswa adalah: prestasi listening siswa rendah, siswa pasif di kelas, siswa merasa bingung dan sulit untuk melakukan tugas mendengarkan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan listening dengan menggunakan teknik diktoglos pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 BatangAngkola dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan penguasaan listening dengan menggunakan teknik dictogloss pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 BatangAngkola. Terkait dengan tujuan penelitian, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 BatangAngkola. pada tahun akademik 2017/2018. Ada 24 siswa sebagai sample dan juga berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik catatan observasi, wawancara, dan tes (tes siklus 1 dan tes siklus 2). Peneliti menganalisis nilai rata-rata siswa dan menggunakan uji-t untuk mengetahui peningkatan signifikan penguasaan listening siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik dictogloss dapat meningkatkan penguasaan listening siswa termasuk siswa dapat mendengarkan dan melakukan tugas mendengarkan. Selain itu, peningkatan penguasaan listening siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata tes listening pada siklus pertama adalah 58,95 (16,66%) dan tes listening pada siklus kedua adalah 74,79 (25%). Berdasarkan catatan pengamatan menyatakan situasi kelas juga membaik. Perbaikan situasi kelas termasuk: Sebagian besar siswa aktif dan komunikatif selama proses belajar mengajar dan siswa mulai lebih antusias dalam mendengarkan kelas.